Jelang Pilkada Serentak, Pj Gubernur Lampung Tegaskan ASN Tulang Bawang Untuk Jaga Netralitas

 



Tulang Bawang - Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M., memberikan sambutan dan menghadiri acara briefing Netralitas ASN pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Menggala. Kamis (8/8/2024).

Dalam kesempatan ini, terdapat kunjungan dari Pj. Gubernur Lampung Dr. Drs. Samsudin S.H., M.H., M.Pd., yang mana kunjungan beliau pada hari ini berfokus pada Pengendalian Inflasi, Penurunan Angka Stunting, Penyelenggaraan Pilkada yang Luber Jurdil, Menjalin Netralitas ASN yang diwujudkan dengan terlaksananya Briefing Netralitas ASN, Posyandu Balita dan Layanan Kesehatan Lainnya.

Pj. Bupati Tulang Bawang mewakili segenap jajaran Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Penjabat Gubernur Lampung yang dalam lawatannya kali ini banyak sekali melaksanakan kegiatan serta memberikan bantuan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Beliau berharap semoga kegiatan dan bantuan yang diberikan oleh Bapak Penjabat Gubernur Lampung ini manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat Kabupaten Tulang Bawang. 

Selanjutnya terkait dengan Netralitas ASN, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan Keputusan Bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 2 Tahun 2022, Menteri Dalam Negeri Nomor: 800-5474 Tahun 2022, Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 246 Tahun 2022, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor: 30 Tahun 2022, dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 1447.1/PM.01/K.1/09/2022 tanggal 22 September 2022 tentang Pedoman Pembinaan Dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Dan Pemilihan.

Dikatakan Pj. Bupati Tulang Bawang, sebagai upaya Menjaga Netralitas, Pemerintah Daerah juga telah melakukan berbagai upaya, diantaranya: 
1. Pembentukan Tim Pembina dan Pengawas Netralitas Pegawai ASN Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, 
2. Penunjukan Personil sebagai Anggota pada Kelompok Kerja Pengawasan Netralitas ASN dan TNI/POLRI Pemilihan Umum 2024, 
3. Melakukan Ikrar bersama dan penandatangananbPakta Integritas Netralitas Pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang yang dikoordinatori oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tulang Bawang, 
4. Membuat Surat Edaran terkait Netralitas ASN. 

Drs. Qudrotul Ikhwan menyampaikan, Netralitas ASN Kabupaten Tulang Bawang pada saat Pileg dan Pilpres lalu sudah terlaksana dengan baik. Dibuktikan sampai dengan saat ini, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang belum terdapat laporan Pelanggaran Netralitas oleh ASN, dan juga dikatakan Beliau, apabila terdapat pelanggaran, maka akan ditindak secara tegas sesuai Peraturan Perundang-Undangan.

Bapak Qudrotul Ikhwan berharap dengan diadakannya briefing ini dapat semakin memperkuat kesadaran kita tentang betapa pentingnya menjaga netralitas pada saat pelaksanaan Pilkada mendatang.

sementara Pj. Gubernur Lampung dalam arahannya mengatakan bahwa Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan cerminan dari pelaksanaan Pemilu yang bebas dan adil, ketika Sumber Daya Negara termasuk Birokrasi dan Kewenangan disalahgunakan, pada saat ASN disalahgunakan, maka pada saat itu proses Pemilu tidak akan berjalan jujur, adil dan lancar, karena ini adalah sebuah campur tangan yang merugikan bagi pelaksanaan Pilkada 2024.

"kunci utama untuk bisa berjalan dengan baik, jangan sampai ASN kebobolan, kalau ASN tidak netral, atau ikut ikutan kampanye, ini artinya ASN sudah kebobolan atau melanggar aturan. Oleh karena itu pak ketua Bawaslu tolong awasi seluruh ASN di Kabupaten Tulang Bawang, bukan hanya aktivitasnya, media sosialnya juga tolong awasi." ucap Pj. Gubernur Lampung.

Pj. Gubernur Lampung Drs. Samsudin meninjau kepada para ASN untuk dapat fokus kedepan, bekerja melayani masyarakat dengan sebaik - baiknya, kemudian fokus pada pelaksanaan Pilkada supaya berjalan dengan lancar dan harmonis. Beliau juga mengajak untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada yang akan datang, menyatu padukan masyarakat untuk tidak ber euforia yang berlebihan dalam mendukung calon Kepala Daerahnya.

"mudah-mudahan di Kabupaten Tulang Bawang ini senantiasa diberikan Barokah oleh Allah SWT, serta pelaksanaan Pemilu Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Tulang Bawang ini dapat berjalan dengan LUBER dan JURDIL aamiin," ujar Pj. Gubernur.

Sementara itu Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M., menutup sambutannya dengan harapan semoga dengan ASN yang netral, nantinya akan terpilih kepala daerah (gubernur dan bupati) yang baik, mampu mengayomi masyarakat, dan dapat memajukan Provinsi Lampung serta mendukung keterwujudan Tulang Bawang sebagai Kabupaten UDANG MANIS (Unggul, Damai, Aman, Nyaman, Guyub, Mandiri, Agamis, Natural, Inovatif, Sejahtera).

Turut hadir Forkopimda Kab. Tuba, Pj. Ketua TP PKK Kab. Tuba, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Ka. Badan/Ka. Dinas/Ka. Satker, Kabag Setdakab. Tuba, Kabag Setwan, Camat Se - Kab. Tuba. (*) 
Lebih baru Lebih lama